Senin, 05 Mei 2014

4 Aplikasi untuk mengoptimalkan Kinerja Smartphone

Tempat Nongkrong - Kali ini saya akan berbagi tips mengoptimalkan kinerja Smartphone android.
Di jaman sekarang sebagian besar dari kita pasti sudah sangat tidak asing lagi dengan Smartphone.
Bagi sobat - sobat yang sudah lama menggunakan Smartphone, kadang-kadang sebagian dari kita sangat jengkel dengan kinerja Smartphone yang semakin lambat alias lemot hehe..
 Dibalik fungsionalitas Smartphone android yang beragam, ada banyak sekali sistem yang bekerja ketika kita banyak menginstal aplikasi, itulah yang membuat Smartphoe kita menjadi lambat kinerjanya. Sayangnya dengan begitu banyaknya aplikasi yang terinstal, banyak pula sistem yang bekerja secara otomatis dan akan menyisakan banyak sampah digital sehingga tidak semuanya bisa teratasi oleh sistem itu sendiri.
Oleh karena itu diperlukan beberapa aplikasi yang komprehensif untuk mengoptimalkan kinerja Smartphone kita, yaitu aplikasi yang dapat memonitor, menganalisis, dan memberikan informasi mengenai kinerja Smartphone kita, agar kita tahu apa yang seharusnya dilakukan selanjutnya agar gadget kita dapat bekerja secara optimal. 

Ada 4 aplikasi yang menurut saya sangat recomended untuk di instal di gadget sobat. 
Saya akan menjelaskan satu per satu kegunaan dan fungsi dari masing-masing aplikasi tersebut.


1. All-in-one Toolbox
       


Aplikasi ini mempunyai beberapa tools penting untuk mengoptimalkan Smartphone sobat diantaranya:

  • Informasi baterai
  • Penggunaan mobile data
  • Apps Lock
  • Task Killer
  • Uninstaller
  • Apps to SD card
  • System Cleaner
Dari segi UI aplikasi ini sangat bagus, semua menu disusun rapi dan dengan tampilan yang memuaskan. Aplikasi ini juga relatif sangat ringan untuk digunakan dan yang pastinya gratis.. tis.. tiss... Sobat-sobat dapat mendownloadnya di Playstore atau GoogleApps.


2. Dumpster



Jika kita pernah menggunakan Windows, pastinya kita mengenal program yang bernama Recycle Bin yang berfungsi untuk mem-backUp file-file yang kita hapus, agar nantinya dapat di restore kembali apabila filenya masih kita perlukan. Aplikasi yang kurang lebih sama fungsinya dengan Recycle Bin yang berada di windows yaitu Aplikasi Dumpster ini, bedaya Aplikasi ini dibuat untuk Smartphone. Aplikasi ini berfungsi ketika terjadi masalah penghapusan file yang tidak di sengaja, sehingga kita dapat me-restore nya kembali dengan menggunakan aplikasi ini.
 

3. JuiceDefender Ultimate


Boros baterai? Itulah salah satu masalah yang paling sering ditemui hampir di semua jenis Smartphone. Meskipun sudah mulai dikembangkan beterai berteknologi tinggi dan berkapasitas besar, namun harganya masih relatif mahal dan akses belinya juga masih terbatas khususnya di Indonesia. Pasti sobat-sobat sekalian menyikapi hal tersebut dengan membeli charger portable ( PowerBank ) iya kan?? hehehe.. hal ini cukup efektif namun pada akhirnya akan menjadi hal yang sangat menyebalkan.

Aplikasi JuiceDefender Ultimate adalah aplikasi untuk mengoptimalkan penghematan baterai, me-Manage aplikasi yang sedang berjalan, bisa juga sebagai pengaktifan paket data ataupun wifi, dan juga dapat me-Manage aplikasi-aplikasi Background yang tidak kita sadari, yang ternyata sedang berjalan.  
Sobat-sobat dapat me-Manage semua sistem yang dianggap banyak memakan daya baterai hanya dengan menggunakan aplikasi ini.


4. Clean Master


Yang terakhir adalah Clean Master. 
Ada 3 jenis sampah yang dapat dibersihkan oleh aplikasi ini yaitu; History, Residual Files, dan Tasks. Di dalam History masih ada 2 jenis lagi yaitu; Cache dan Privacy. Cache berisi file-file dari beberapa Aplikasi yang tersimpan untuk mendukung proses agar lebih cepat, seperti yang tersimpan pada Goolgle Maps, setiap kita membuka tab baru, maka peta itu akan tersimpan di Memory. Sedangkan Privacy berisi jejak browsing internet, SMS, MMS, dan pencarian.

Fitur lain yang menarik dari aplikasi ini adalah App Manager, degan ini kita dapat mengelola aplikasi, bisa di backup (dibuat file .apk) atau di uninstal.
Selain itu kita juga bisa membersihkan Temporary .apk files.



Sekian dulu tips dari saya, dan semoga bermanfaat.

5 komentar: